undip


SELEKSI PENERIMAAN – UNIVERSITAS DIPONEGORO 2009
JALUR UJIAN MASUK (UM)
UM Undip merupakan seleksi calon mahasiswa S1 yang didasarkan pada test tertulis yang dilakukan secara mandiri oleh Undip, selain Seleksi Nasional Masuk Pergurun Tinggi Negeri (SNMPTN).

Undip menyelenggarakan UM (Ujian Masuk) dalam 2 (dua) gelombang yaitu UM I dan UM II.

Tahapan UM 1 Tahun 2009
• Melakukan Pendaftaran, dilakukan secara online : tgl 2 – 28 Februari 2009
• Melakukan Pembayaran ke Rek Bank Mandiri tgl 2- 28 Februari 2009
• Melakukan Verifikasi dilakukan di lokal-lokal Semarang, Jakarta, Surabaya, Bandar Lampung,
Medan, Samarinda dan Banjar Masin: 2 – 5 Maret 2009
• Mengikuti Ujian dilakukan di lokal-lokal Semarang, Jakarta, Surabaya, Bandar Lampung, Medan,
Samarinda dan Banjar Masin : 15 Maret 2009
• Pengumuman : 25 April 2009 ( Bersamaan dengan Pengumuman Ujian Tulis UGM 2009)
• Lapor Diri : 15 – 20 Juni 2009

Tahapan UM 2 Tahun 2009

• Melakukan pendaftaran tahap I untuk mendapatkan pin ke web site um.undip.ac.id
• Melakukan pembayaran biaya pendaftaran ke multi payment bank mandiri dengan melalui internet banking
• Melakukan pendaftaran tahap II. Waktu tanggal 22 Juni s.d 13 Juli.
• Melakukan verifikasi (pengesahan) pendaftaran pada tanggal 13–16 Juli 2009 (jam 08:00-15.00 waktu setempat), di masing-masing lokal tempat ujian: Semarang, Jakarta, Surabaya, Lampung, Medan, Samarinda dengan
• Mengikuti ujian di lokasi masing-masing pada 26 Juli 2009
• Hasil seleksi UM II diumumkan hari Minggu, 9 Agustus 2009
• Tahapan Lapor Diri bagi Calon Mahasiswa yang Lulus UM II 2009 : 11 – 15 Agustus 2009

Sekretariat Ujian Mandiri I dan Lokasi Ujian :
• Semarang
• Jakarta
• Surabaya
• Bandar Lampung
• Medan
• Samarinda
• Banjarmasin
Sekretariat Ujian Mandiri II dan Lokasi Ujian:
• Semarang
• Jakarta
• Surabaya
• Samarinda :
• Bandar Lampung
• Medan

PERSYARATAN PESERTA
1. Merupakan siswa aktif di kelas terakhir SMA/SMK/MA tahun 2009, lulusan ujian persamaan atau yang setara lainnya (Paket C), serta lulusan tahun 2007 dan 2008
2. Memenuhi persyaratan kesehatan fisik dan tidak buta warna yang ditetapkan oleh program studi masing-masing
3. Mengisi kesanggupan membayar SPMP (Sumbangan Pengembangan Manajemen Pendidikan) sesuai tabel SPMP

KELOMPOK UJIAN
Seleksi melalui UM I dan II ini didasarkan pada 3 kelompok yaitu :
1. Kelompok IPA – Ujian pada mapel yang IPA
2. Kelompok IPS – Ujian pada mapel yang IPA
3. Kelompok Campuran (IPA dan IPS) – Ujian pada mapel yang IPA dan IPS
Setiap peserta yang memenuhi persyaratan dapat mengikuti kelompok IPA saja, kelompok IPS saja atau kelompok Campuran, tidak tergantung pada jurusan asal SMA/SMK/MA-nya.

Peserta Ujian Mandiri I : 9.704 orang
Daya Tampung UM I : 1.754 orang
Rasio : 1 : 6
Program paling favorit diminati kedokteran, akuntansi, manajemen, komunikasi, dan teknik industri

PILIHAN PROGRAM STUDI DAN BIAYA SELEKSI
1. Setiap peserta ujian kelompok IPA : 2(dua) program studi IPA, biaya Rp.175.000
2. Setiap peserta ujian kelompok IPS : 2 (dua) program studi IPS, biaya Rp.175.000
3. Setiap peserta ujian kelompok Campuran : 3 (tiga) program studi (IPA dan IPS), biaya Rp.200.000

Kemampuan IPA -180 menit
• Matematika Dasar = 20 soal
• Biologi = 20 soal
• Bahasa Inggris = 20 soal
• Fisika = 20 soal
• Kimia = 20 soal
Kecepatan mengerjakan : 1 soal = 1,8 menit = 108 detik

Kemampuan IPS – 150 menit
• Matematika Dasar = 20 soal
• Bahasa Indonesia = 20 soal
• Ilmu Pengetahuan Sosial = 20 soal
• Bahasa Inggris = 20 soal
• Kewarganegaraan = 20 soal

Kecepatan mengerjakan : 1 soal = 1,5 menit = 90 detik

Kelompok Campuran
Kemampuan IPA – 180 menit
Kemampuan IPS – 90 menit
Penilaian : B x 4 , S -1

73 thoughts on “undip

  1. oio untuk tahun 2008 bisa gak ikut usm undip,ada gak soal2 nya,kalu ada tolong jawab yah ke email saya??

  2. Assalamu’alikum wr.wb
    maaf sebelumnya kalau merepotkan minta tolong nama saya wahyudi dari Bekasi,berhubung jauh saya bisa mendapatkan formulir pssb/um UNDIP yg online ga ? kalau bisa tolong beri tahu alamat webnya ke jude_wahyudi@yahoo.co.id ya !
    Atas perhatiannya Terimakasih
    Wassalamu’aliakum wr.wb

  3. bagai mana kalo dari SMA/Sederajat jurusan IPA ingin ke IPS jurusan manajement itu pendaftaran nya ikut seleksi apa,campuran apa jurusan?

  4. kak klo da info beasiswa apa aja dalam ato luar tolong kirimin ke e-mail aq dong… Tolong y kak…

  5. mohon bantuannya ya,
    kalau mau pmdk ke psikologi tapi dari jurusan IPA di undip, bisa ngga ya?
    trus rata2 biaya total masuk undip jalur pmdk biasanya berapa?
    trimakasih :)

  6. MAU TANYA UNTUK PMDK UNDIP ITU YG 25 PERSEN PERINGKAT KELAS 3 MAKSUDNYA PERINGKAT 1 KELAS ATAU PERINGKAT PARAREL. DAN KIRA2 UNTUK PMDK FKM BRP YG DTERIMA.MOHON DIBALAS

  7. Kalo dari Kejar paket pa sja persatata nya…
    apakah ada per bedan bagi para peserta dari jalur kejar paket???

    maohon peberitauanya…

  8. yA amPyUuUuUuuu……
    lamA bAngEt cIeh, Ampe pEgel nI mAta llEatiN cOmp…..
    cUapEeEeeeXx dueh……..
    hhahhaa….
    loLozzzz…… aMien……

  9. soal UM kemarin lmyn sulit bagiku….. soalnya yang gampang apa aku yang rada pinter yua ???
    mga aja loloz,amien……..

  10. kalo mau tau tentang daya tampung masing-masing fakultas buat yang jalur pssb potensi akademik gimana ya??plus biaya pendidikannya
    trims

  11. ka, usm undip untuk gelombang 1 dan 2 dilaksanakan kapan?
    bisa kasih tau materi yang akan diujikan itu sepeti apa yaa ka?

    balas ke:rika93_wise16@yahoo.com

  12. kak bisa kasi info gmn cara masuk fk undip ato ui lewat jalur pmdk untuk taon depan ga,coz aku mahasiswi dr S1 keperawatan pgn alih jalur ke FK gitu,,,tengkyu krm ke email ku ya ka makaci ^^

  13. kalau boleh tau,law mw masuk PSSB UNDIP ke fak Teknik Kimia,nilai apa aja yang di lihat?

  14. kak…. soal-soal undip dari tahun-tahun kmaren bisa di download gg? di situs mana? trim’s …. O.O

  15. kaka, jadwal UM Undip itu kan tanggal 2 Juli 2011. itu dimulai dari jam berapa sampai jam berapa?

  16. di undip ada program alih jenjang dari D3 ke S1 tdk ya..??? klo ada,, mana infonya…??? terima kasih…

  17. kok mau download soal undip ngga bisa ya? blog tidak ditemukan (sudah dihapus). mohon infonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s