Jalur Seleksi UNDIP 2011

Jalur-jalur Seleksi Masuk Universitas Diponegoro Tahun 2011

Berdasarkan Peraturan Pemerintah no. 66 tahun 2010 dan Peraturan Mendiknas no. 34 tahun 2010tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada perguruan tinggi, maka untuk proses penerimaan mahasiswa baru program S1 Undip tahun 2011 akan diatur melalui seleksi secara nasional danseleksi secara lokal / mandiri.

Jalur-jalur seleksi masuk ke Universitas Diponegoro program Strata 1 (S1) untuk tahun 2011 adalah sebagai berikut:

a. Seleksi Secara Lokal / Mandiri

1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Kemitraan program Strata 1 adalah salah satu seleksi masuk mahasiswa ke Universitas Diponegoro tanpa ujian tertulis. Pendaftaran akan dibuka secara online mulai tanggal 1 Februari 2011. Informasi lengkap tentang PSSB kemitraan ini bisa dilihat di pssb.undip.ac.id.

2. Jalur UM (Ujian Mandiri) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1. Untuk tahun 2011, pendaftaran dimulai bulan April. Informasi tentang Ujian Mandiri ini bisa dilihat di um.undip.ac.id

b. Seleksi Secara Nasional

1. Jalur PSSB Akademik. Mekanisme dan pendaftaran akan dikelola secara nasional oleh kepanitiaan nasional. PSSB ini adalah membuka peluang untuk siswa SMA/MA yang memiliki prestasi dalam bidang akademik.

2. Jalur PSSB Olah raga dan Seni. Mekanisme pendaftaran akan diatur secara nasional oleh kepanitiaan nasional. PSSB ini adalah membuka peluang untuk siswa SMA/MA yang memiliki prestasi dibidang olah raga dan seni.

3. Jalur Beasiswa Bidik Misi. Penjelasan mekanisme pendaftaran secara lengkap bisa di akses di http://bidikmisi.dikti.go.id/portal. Tahun 2011 Undip memiliki kuota 225 orang mahasiswa yang akan menerima beasiswa Bidik Misi.

4. Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri) adalah jalur seleksi tes tertulis melalui seleksi nasional untuk program pendidikan S1. SNMPTN akan dibuka sekitar bulan April 2011.

Untuk seleksi masuk ke program Diploma III Undip tahun 2011 semuanya dilakukan secara lokal / mandiri dengan melalui jalur-jalur seleksi sebagai berikut:

1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Akademik untuk program Diploma III. Seleksi ini telah dibuka mulai 3 Januari 2011 sampai dengan 28 Februari 2011 secara online. Keterangan lengkap bisa dibaca di menu PSSB D3 di web site pssb.undip.ac.id.

2. Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma III) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk masuk ke program diploma III Undip. Pendaftaran akan dibuka sekitar bulan Juli-Agustus 2011. Pendaftaran akan dilakukan secara online di web site : http://um.undip.ac.id

Link dibawah ini saya berikan sebagai bekal bagi teman-teman yang mau mencoba ujian mandiri Universitas Diponegoro UM UNDIP 2011 , berlatih dan berlatih..semakin sering semakin baik lo …

Soal UM UNDIP 2008  – Kemampuan IPA – Kode 581

Soal UM UNDIP 2008  – Kemampuan IPA – Kode 101

Soal UM UNDIP 2008  – Kemampuan IPA – Kode 102

Soal UM UNDIP 2008  – Kemampuan IPA – Kimia – Kode 571

Soal UM UNDIP 2008  – Kemampuan IPA – Kimia – Kode 581

Soal UM UNDIP 2008  – Kemampuan IPA – Matematika – Pembahasan

Soal UM UNDIP 2009  – Kemampuan IPA – Matematika – Pembahasan

Soal UM UNDIP 2008  – Kemampuan IPS

Pengumuman PSSB UNDIP 2010

Hari Sabtu – 27 Maret 2010 ……..tunggu saja semoga kalian semua diterima ya ..sukses buat anda …………

buat teman-teman yang  mau lihat pengumuman UNDIP sabar ya …yang tahun kemarin saja terlambat diakses peserta ….mudah-mudahan jam 9 nanti sudah ada dan semoga kalian semua diterima …amien …….

ayo mulai akses …sudah di upload ……..

disini : Pengumuman PSSB UNDIP 2010

Verifikasi dan Ujian Tulis UM UNDIP Bandung

Lokasi Verifikasi dan Ujian Tertulis UM UNDIP I di Bandung

Untuk wilayah Bandung atau Jawa Barat dan sekitarnya telah dibuka lokasi Verifikasi / Pengesahan Pendaftaran dan Ujian Tertulis Ujian Mandiri I Undip Tahun 2010 di Kota Bandung. Untuk Lokasi Verifikasi dan Lokasi Ujian sebagai berikut :

Tempat Ujian

Kantor Pusat Pembinaan Keahlian dan Teknik Konstruksi Departemen PU
Jl. Abdul Hamid, Cicaheum, Kotamadia Bandung

Sekretariat UM1 Lokal Bandung :
Contact Person : Muhamad Kuswandi
HP : 085881867611

Panitia Lokal UM UNDIP 2010

Sekretariat Lokal & Tempat Verifikasi UM UNDIP 2010 PDF Print E-mail

Semarang
Sekretariat : (Pendaftaran Online bisa dibantu disini)
LP2MP (Lepdik) Undip, Gedung Widyapuraya Sayap Timur
Kampus Undip Tembalang
Jl. Prof. Sudharto, SH Tembalang Semarang

Tempat Verifikasi :
Gedung Prof. Sudharto
Kampus Undip Tembalang
Jl. Prof. Sudharto, SH Tembalang Semarang

Jakarta

Sekretariat: -

Tempat Verifikasi :
SMA LABSCHOOL
Jl. KH Ahmad Dahlan No. 14 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Telp. 0217398935

Surabaya
Sekretariat :
Jl. Jatisari, No 29, Pepelegi, Waru, Sidoarjo, Surabaya telp 0318530836
Jl. Mojo Kidul I No. 27 Surabaya. Telp. (031) 72102282

Tempat Verifikasi:
SMU TA’MIRIYAH, Jl. Indrapura No 12, Sby. Tel 031 3525931

Bandar Lampung
Sekretariat:
Jl. Prof. M. Yamin No 15 Rawa Laut, Bandar Lampung, 35127, Tel 0721- 251545.
Fax.0721-706416

Tempat Verifikasi:
Jl. Prof. M. Yamin No 15 Rawa Laut, Bandar Lampung, 35127, Tel 0721- 251545.
Fax.0721-706416

Medan
Sekretariat:
SMAN 1 Medan, Jl Teuku Cik Ditiro, No,1, Medan. Tel 0614511765

Tempat Verifikasi:
SMAN 1 Medan, Jl Teuku Cik Ditiro, No,1, Medan. Tel 0614511765

Pekanbaru
Sekretariat:
Jl. Raya Pasir Putih, No. 12 C, Siak Hulu. Telp. (0761) 676671; 7753362; 7609022.

Tempat Verifikasi:
SMAN 8 Pekanbaru (R-BI). Jl. Abdul Muis No. 14, Kelurahan Cinta Raja, Kec. Sail, Pekanbaru, Telp 076123073

Samarinda
Sekretariat:
Jl. Sempaja Lestari Indah, B-23, Samarinda, KAL-TIM

Tempat Verifikasi:
SMAN 1 Samarinda Jl. Bayangkara Samarinda Tel. 0541 7060273

Undip Merubah Lagi Jadwal Ujian Tulis UM-1 2010

Jadwal Kegiatan UM I Tahun 2010 PDF Print E-mail
Kegiatan Waktu
Pendaftaran dan Pembayaran biaya pendataran 22 Januari -  22 Maret 2010
Verifikasi / Pengesahan Pendaftaran UM I 2010 29 Maret – 1 April 2010
Pelaksanaan Ujian Tertulis Mandiri I Tahun 2010 4 April 2010
Pengumuman Hasil Seleksi Ujian Mandiri I 2010 April 2010

Lokasi Ujian Tulis UM 1 Undip 27 Maret 2010

Ujian Mandiri I akan diselenggarakan di kota : 1. Semarang 2. Jakarta 3. Surabaya 4. Lampung 5. Pekanbaru 6. Medan 7. Samarinda

Perubahan Tgl Ujian Mandiri UNDIP 1

Waktu Kegiatan
Pendaftaran dan Pembayaran biaya pendataran 22 Januari- 2 Maret 2010
Verifikasi / Pengesahan Pendaftaran UM I 2010 1 – 4 Maret 2010
Pelaksanaan Ujian Tertulis Mandiri I Tahun 2010 27  Maret 2010
Pengumuman Hasil Seleksi Ujian Mandiri I 2010 31 April 2010

Ujian Mandiri I UNDIP – 2010

Jadwal Ujian Mandiri I UNDIP 2010

Waktu Kegiatan
Pendaftaran dan Pembayaran biaya pendataran 25 Januari- 2 Maret 2010
Verifikasi / Pengesahan Pendaftaran UM I 2010 1 – 4 Maret 2010
Pelaksanaan Ujian Tertulis Mandiri I Tahun 2010 21 Maret 2010
Pengumuman Hasil Seleksi Ujian Mandiri I 2010 31 Maret 2010

Panitia Lokal

Semarang, Jakarta,Surabaya,Lampung,Pekanbaru,Medan,Banjarmasin,Samarinda

Alur pendaftaran disini

Prosedur Pendaftaran disini

Soal-soal Ujian Mandiri I Undip disini

Program Seleksi Siswa Berpotensi Universitas Diponegoro 2010
Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) adalah salah satu seleksi masuk mahasiswa ke Universitas Diponegoro selain Ujian Mandiri (UM) dan Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Program PSSB diadakan setiap tahun untuk jalur S1 dan D-III. PSSB Undip memiliki beberapa jalur diantaranya jalur prestasi akademik, jalur olah raga dan seni, dan jalur PSSB kerjasama.

Jalur-jalur seleksi masuk ke Universitas diponegoro adalah sebagai berikut:

  1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) baik untuk program Strata 1 (S1) maupun program Diploma III (D-III). Seleksi ini biasanya pendaftaran mulai bulan Januari setiap tahunnya. Jalur PSSB ini adalah jalur tanpa tes. Informasi lengkap dipublikasikan di web site : pssb.undip.ac.id.Program PSSB untuk tahun 2010 akan menerima dari SMK (khusus untuk beberapa jurusan/ fakultas tertentu) baik untuk S1 maupun D3.
  2. Jalur UM I (Ujian Mandiri I) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1. Untuk tahun 2010, pendaftaran dimulai bulan Februari, dan Ujian Tertulis akan diselenggarakan bulan Maret.
  3. Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri) adalah jalur tes melalui seleksi nasional untuk program pendidikan S1.
  4. Jalur UM II (Ujian Mandiri II) adalah jalur tes tertulis untuk program S1 Reguler II.Biasanya pendaftaran dimulai bulan Juni setiap tahunnya.
  5. Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma – III) adalah seleksi tes tertulis untuk khusus program Diploma III (D-III). Biasanya pendaftaran mulai bulan Juli setiap tahunnya.
Tanggal Penting PSSB 2010

Waktu Kegiatan
Pendaftaran dan Pemasukan Berkas 4 Januari- 19 Februari 2010
Seleksi Berkas 22Februari – 5 Maret 2010
Entri Data 8 Maret – 18 Maret 2010
Penentuan 19 Maret – 20 Maret 2010
Pengumuman Hasil 22 Maret 2010

PSSB UNDIP 2009

Universitas Diponegoro
Jalur masuk :
PSSB Potensi Akademik
Seleksi sepenuhnya berdasrkan prestasi akademik
Persyaratan :
1.Termasuk 25% terbaik di semester V
2.Tidak pernah tinggal kelas
3.Direkomendasi Kepala Sekolah

Pendaftaran : 4 April 2009
PSSB Potensi OR&Seni
Seleksi berdasarkan prestasi OR dan Seni

Persyaratan :
1.Memiliki prestasi yang menonjol dalam olah raga atau seni (dibuktikan dengan sertifikat, dsj)
2.Tidak pernah tinggal kelas

Pendafataran : 10 Maret 2009

Keterangan :
1.Test psikologi tgl 10 Maret 2009
2.Test Fisik dan Test prestasi tanggal 11-13 maret 2009
PSSB Potensi Pengembangan dan Kerja sama

Seleksi berdasarkan pada Minat dan kerja sama

Persyaratan :
1.Termasuk 5 besar terbaik (Kedokteran) dan 10 besar terbaik untuk lainnya
2.Tidak pernah tinggal kelas
3.Mendapat rekomendasi Kepala Sekolah

Pendaftaran : 4 April

Ikut UM UNDIP 2008

cerita anak yang kemarin ikut UM UNDIP 2008

Kemarin gue ke SMA Labschool Rawamangun, Jakarta untuk ikut UM UNDIP 2008. UM ini UM pertama yang dilaksanakan UNDIP di luar Kota Semarang. Sebenarnya sih gue ga minat-minat amat masuk UNDIP, tapi nyokap khawatir gue gak keterima di UGM, jadi coba UNDIP buat dijadiin semacam ‘jaring pengaman’ gitu. Jahat yah. Gue dari dulu gak suka sama kebiasaan anak smansa yang istilahnya ‘nabung’ PMDK ma kursi universitas. Sampai sekarang gue masih ga ngerti sama sikap beberapa anak smansa yang pinter banget, jenius banget. Mereka ambil USMI atau PMDK ke universitas A, terus coba UM universitas B dan C, akhirnya pilih universitas C. Alasannya apa coba? Takut gak keterima! Astagojiiiiim…. Parah amat sih? Gue aja yang bego kaya gini nekat ambil cuman UTUL UGM ma UM UNDIP… Mereka yang pinter kaya gitu mah ngapain takut? Secara yang satu juara olimpiade matematika. Contoh Jujud ma Katrin dong, mereka udah dapet PMDK UI gak coba-coba yang lain. Bete ah.

Oke, balik lagi ke UM UNDIP kemaren. Gue berangkat ke Jakarta bareng Rian. Janjinya sih ketemu jam 06:20 di perempatan Johar. Semenit sebelum berangkat ke Johar gue kirim dia SMS, ngingetin. Dia bales,

sante aja qi… nanti kalo gue udah mau brngkat gue sms lu de…

Karena gue brangkat bareng bokap dan nyokap udah cerewet takut gue ketinggalan kereta, akhirnya gue ma bokap tetep ke Johar nungguin Rian. Setelah nunggu 10 menit, dia baru dateng dengan sepatu belum terpasang, apalagi terikat. Jelas dia buru-buru ke Johar. Ternyata, waktu gue SMS dia jam 06:18-an, dia baru bangun tidur. Baru bangun tidur. Luar biasa.

Sampai di stasiun jam 06:35, naik Pakuan Ekspres ke Manggarai. Hmm… Manggarai? Ngingetin gue sama film horor yang baru tea. Tadinya sih mau nonton, tapi gak ada duit ah… Hehehe,,

Dari Manggarai naik Bus Transjakarta ke UNJ. Di sana kita kepagian tiga jam. Akhirnya cuman nunggu di café Labschool. Karena cuman beratapkan kanopi polikarbonat, suhu di sepanjang koridor samping lapangan di deket café panas parah. Bikin gak mood ujian. Sejam sebelum ujian dimulai kita makan di warung nasi uduk entah apa namanya gue lupa. Tapi si Rian bilang sih terkenal banget, pernah muncul di TransTV.

Ujian dimulai pukul 11:00. Sesi pertama: Latihan Ujian. Heh? Gue bingung. Ngapain ada latihan? Fungsinya apa? Secara kita cuman disuruh ngisi identitas diri di atas fotokopian lembar jawaban komputer. Udah. Abis latihan ujian mulailah ujian benerannya… Dan di sinilah neraka dimulaiii.

Gue dapet kode soal 582. Awalnya gue sempet keder juga nih, ngeliat paket soalnya tebel banget. Ada 30 lembar gak termasuk sampul dan Petunjuk Umum. Tapi setelah gue baca Petunjuk Umum Nomor 5:

5. Perlu diperhatikan bahwa dalam ujian ini nilai dihitung berdasarkan jawaban benar, tidak ada pengurangan nilai karena jawaban salah.

Perlu gue baca baris itu lima kali sampai akhirnya gue baru percaya gak ada pengurangan nilai. Puji Tuhaan….

Setelah mempelajari soal, gue menyimpulkan kalo gaya soal UNDIP tuh bukan gaya soal SPMB. UNDIP lebih mirip gaya soal UN SMA. Dan gue ga suka itu. Banyak soal yang ambigu.

contoh soal ambigu Bahasa Indonesia:
[puisi karangan Subagio Sastrowardoyo]
Puisi di atas bertema…

A. pertemuan terakhir
B. keindahan alam
C. keoptimisan hidup
D. percintaan
E. kegelisahan

Wah, sumpah gue benci soal-soal puisi kaya gini. Kan interpretasi puisi tiap orang beda, kenapa ditanyain dalam ujian? Ini pertanyaan yang subjektif! Kesel ah!

Kalo soal-soal Bahasa Inggris mah biasa aja menurut gue. Hanya ada soal-soal gaya UN SMA yang gue juga kurang suka. Tau kan, tipe-tipe “Which of the following words best describes the tone of the passsage?” Pilihannya ada argumentative, narrative, explanatory, imaginative, humorous.

Beberapa soal Matematika bikin gue pengen ketawa. Percaya apa engga, soal nomor 43:

Jika matriks A = [matriks A] dan matriks B = [matriks B], maka matriks A + B adalah…

Huaaaa…. Tiga detik juga selesai atuuuuh… Terus yah, ada soal matriks lagi nih, soal nomor 45.

Jika matriks A = [matriks A orde 2*2] dan matriks B = [matriks B orde 3*3] maka matriks A * B adalah….

Jiiiih? Sedetik liat soal gue pun langsung tau jawabannya E. tidak ada yang benar. Huehuehue,, seneng!
Ada soal yang bisa bikin anak yang mikirnya kejauhan gak bisa ngerjain. Soal nomor 52:

Diketahui segitiga ABC. Besar sudut A = 54, sudut B = 65°, dan panjang garis c = 12. Besar sudut C adalah…

Mungkin anak yang mikirnya kejauhan bakal pusing pake Aturan Sinus atau Aturan Kosinus. Tapi liat deh, diketahui segitiga ABC, sudut A, dan sudut B. Jadi jelas dong sudut C = 180° – (besar sudut A + besar sudut B). Iya kan? Hhhhh….

Gue dibikin sebel sama soal-soal Kewarganegaraan. Ada dua soal yang sebenarnya udah gue persempit kemungkinan jawabannya jadi tinggal dua kemungkinan. Dan gue salah pilih. Mestinya gue pilih kemungkinan pertama, tapi gue milihnya kemungkinan kedua. Sakit atiiiiiiii parah gue! Soal yang gue salah itu soal hierarki hukum Indonesia. Gue lupa, yang bener tuh Perpres atau Keppres. Dan gue pilih Keppres padahal yang bener zaman sekarang orang pake terminologi Perpres. Anjrit.

Dan ini soal yang gue nyesel gak berani pilih C:

Majelis Permusyawaratan Rakyat berwenang melantik Presiden dan/atau Wakil Presiden
SEBAB

Presiden tidak ‘neben’ akan tetapi ‘untergeordnet’ kepada Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Terimakasih Tuhan, karena gue pernah belajar Bahasa Belanda, gue tau artinya ‘neben’ itu ’sejajar’ dan ‘untergeordnet’ itu ‘di bawah’. Tapi gue ragu. Gue mesti jawab A (pernyataan dan alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat) atau C (pernyataan benar tetapi alasan salah). Perhitungan gue gini. Dilihat dari alasannya, pembuat soal UNDIP mengutip Penjelasan UUD 1945 yang belum diamandemen dan menggunakan terminologi Belanda yang udah outdated. Jadi gue berasumsi dia masih kolot dan belum tau kalo UUD 1945 udah diamandemen dan posisi Presiden sekarang sejajar dengan MPR. Itulah mengapa gue pilih jawaban A. (Tapi setelah dipikir-pikir lagi, goblok amat yah gue ngira ada dosen yang masih pake UUD 1945 yang belum diamandemen.. Aduh Tuhan, jadi nyesel milih A…). Jadi nyesel, pengen pilih C.
IPS Terpadu: gak usah dibahas ah, posting gue udah kepanjangan lagian soal-soalnya standar ko…

Kesimpulan: Gue lulus UNDIP (amiiiiin…..) Hehehe, beda takabur ma optimis tuh tipis yah,,