stan


update : 29 april 2010.

Pengumuman Penerimaan USM STAN 2010-2011

Kementerian Keuangan akan menerima putra dan putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dengan spesialiasasi sebagai berikut:

  1. Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  2. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  3. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Anggaran/Kebendaharaan Negara
  4. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak
  5. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
  6. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan
  7. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi

Pendaftaran dibuka : 10 Mei – 4 Juni 2010
Pengumuman lengkap dan syarat-syarat pendaftaran dapat diunduh disini:
pengumuman-usm-stan-2010

Formulir Pendaftaran:
Formulir pendaftaran usm d3&1-2010

Untuk Informasi yang kurang jelas dapat menghubungi Panitia pada hari dan jam kerja
Telp (021) 7361654
Email (Gtalk) : usm@stan.ac.id
Yahoo Messenger : usmstan

update – 14 april 2010

info dari teman yang kuliah disana, bahwa untuk USM STAN 2010, dibuka mulai tanggal 3-23 Mei 2010, dan pelaksanaan tesnya tanggal 13 Juni 2010

Pendaftaran Ujian Saringan MasukUjian Saringan Masuk (USM) STAN

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada dalam naungan Departemen Keuangan. Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan yang diselenggarakan oleh STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang keuangan dengan spesialisasi tertentu yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan serta keahlian profesional sesuai dengan spesialisasinya dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai dan mencetak kader-kader pengelola keuangan negara pada unit-unit di lingkungan Departemen Keuangan.

Dengan Keputusan Menteri Keuangan No. 71/KMK.05/2008 tanggal 31 Maret 2008 STAN ditetapkan sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan PPK BLU (Badan Layanan Umum)

Ujian Saringan Masuk (USM) STAN
USM STAN merupakan kegiatan rutin Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) untuk menyaring para lulusan SLTA dari seluruh bidang studi / bidang keahlian untuk dapat melanjutkan kuliah di STAN. Pendaftaran USM STAN pada Tahun Akademik 2009/2010 kali ini menggunakan metode registrasi elektronik (e-Registrasi) melalui internet dan penyerahan berkas pendaftaran ke tempat pendaftaran yang telah ditentukan.

Secara umum, alur pendaftaran sampai dengan peserta memperoleh bukti peserta ujian (BPU) adalah sebagai berikut:
Pendaftar mengisi form pendaftaran e-registrasi melalui situs http://usm.stan.ac.id
Selanjutnya pendaftar menyetor biaya pendaftaran USM STAN sebesar Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah) ke rekening Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN di Bank Mandiri Cabang Jakarta Bintaro Jaya dengan nomor rekening 128-00-0554888-5.
Pendaftar mengakses kembali situs http://usm.stan.ac.id untuk mengedit dan melengkapi data keterangan setoran bank.
Pendaftar datang ke lokasi penyerahan berkas pendaftaran pada tanggal yang telah ditentukan sesuai dengan pilihan lokasi ujian pada saat mengisi form pendaftaran e-registrasi, dengan membawa berkas:
formulir bukti pendaftaran yang telah dicetak (dapat di-download pada saat proses e-registrasi sudah lengkap).
dokumen persyaratan lainnya untuk dilakukan verifikasi berkas oleh panitia.
Pada saat hari penyerahan berkas tersebut, calon peserta akan mendapatkan Bukti Peserta Ujian (BPU) yang akan digunakan sebagai tanda bukti keikutsertaan pada saat USM berlangsung.
Secara detail, langkah-langkah pendaftaran dapat di lihat

Alur Pendaftaran USM STAN 2009

Program Studi

Program studi yang dapat dipilih adalah Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai dan Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi Pemerintahan, Administrasi Perpajakan, Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, Penilai / PBB dan Pengurusan Piutang Lelang Negara (PPLN). Lebih lengkapnya dapat di klik disini

Pendaftaran ulang dan tes USM STAN dilakukan serentak di 23 lokasi di Indonesia, yaitu Jakarta, Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Makassar, Balikpapan, Manado, Cimahi, Padang, Pontianak, Mataram, Banda Aceh, Jayapura, Sorong, Kupang, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palu, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Ambon

tanggal_penting

Pendaftaran s.d. Tes USM :
E-Registrasi : 10 – 29 Juni 2009
Penyerahan/Validasi Berkas dan Cetak Bukti Peserta Ujian (BPU) di lokasi Penyerahan Berkas: 1 – 17 Juli 2009

Tes USM : 26 Juli 2009
Pengumuman peserta tes kesehatan dan kebugaran (Khusus peserta Kepabeanan dan Cukai) : 14 Agustus 2009
Tes kesehatan dan kebugaran (Khusus peserta Kepabeanan dan Cukai) : 18 – 20 Agustus 2009
Pengumuman lengkap hasil Ujian Saringan Masuk STAN : 1 September 2009

Program Studi

D-I Kepabeanan dan Cukai
Menghasilkan lulusan Ahli pratama di bidang Kepabeanan dan Cukai
Kompetensi:
Mengidentifikasikan dan mengklasifikasikan barang;
Melaksanakan administrasi kepabeanan dan cukai;
Melakukan pengawasan kepabeanan dan cukai.

D-III Akuntansi /Akuntansi Pemerintahan
Menghasilkan lulusan Ahli Madya/Ajun Akuntan di bidang Akuntansi Pemerintahan
Kompetensi
Memahami sistem akuntansi;
Menyusun laporan keuangan;
Melakukan analisis laporan keuangan;
Melaksanakan rencana audit;
Menyiapkan laporan audit.

D-III Kebendaharaan Negara
Menghasilkan lulusan Ahli Madya di bidang Kebendaharaan negara
Kompetensi:
Menyusun dan menelaah dokumen anggaran;
Menyiapkan dokumen pelaksanaan anggaran;
Melaksanakan pengadaan barang dan jasa;
Mengadministrasikan penerimaan dan pengeluaran kas;
Mengadministrasikan Barang Milik Negara;
Menyusun laporan keuangan.

D-III Pajak/Administrasi Perpajakan
Menghasilkan lulusan Ahli Madya di bidang Administrasi perpajakan
Kompetensi :
Melakukan pelayanan perpajakan;
Menyusun laporan keuangan sesuai dengan peraturan perpajakan;
Menghitung pajak terhutang;
Melaksanakan pemeriksaan dan penyidikan pajak;
Melaksanakan penagihan dan penyitaan pajak;
Mengopersikan sistem aplikasi perpajakan (SIDJP).

D-III Kepabeanan dan Cukai
Menghasilkan lulusan Ahli Madya di bidang Kepabeanan dan Cukai
Kompetensi:
Melaksanakan pelayanan kepabeanan dan cukai;
Mengidentifikasikan dan mengklasifikasikan barang;
Melaksanakan administrasi kepabeanan dan cukai;
Melakukan pekerjaan audit kepabeanan dan cukai;
Melaksanakan pengamanan teknis operasional di bidang pemungutan bea masuk dan cukai;
Melaksanakan pencegahan, pelanggaran, penindakan dan penyidikan tindak pidana kepabeanan dan cukai.

D-III Penilai/Pajak Bumi Bangunan
Menghasilkan lulusan Ahli Madya di bidang penilai/Pajak Bumi dan Bangunan
Kompetensi:
Merencanakan pendataan dan penilaian;
Melakukan pengumpulan data objek PBB;
Melakukan penilaian terhadap properti dan usaha;
Menghitung PBB terhutang;
Mengadministrasikan dan menatausahakan data PBB dan BPHTB;
Mengopersikan sistem aplikasi perpajakan (SIDJP dan SISMIOP).

D-III Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
Menghasilkan lulusan Ahli Madya di bidang Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
Kompetensi:
Mengadministrasikan registrasi, verifikasi, pembukuan, penetapan, penagihan, dan atau eksekusi pengurusan piutang negara;
Melaksanakan penyitaan;
Melaksanakan pelelangan;
Melaksanakan penilaian aset dan properti;
Melaksanakan pengelolaan aset negara.

143 thoughts on “stan

  1. all> tolong download dulu ketentuan pendaftaran..disitu ada semua ..syarat usia, sma, tempat pendaftaran dll. so baca yang teliti deh …
    thanks

    • coba saja semuanya, tambah pengalaman dan penegetahuan juga kan !!!
      klu bisa manfaatkan disetiap ada kesempatan…

    • hampir semuanya erbeda….
      yang nyaris sama itu umb – snmptn
      kalo pmdk kan hanya sekolah unggulan tertentu dengan jatah tertentu pula… tidak se
      sedangkan sisanya semua orang bisa ikut…
      untuk biaya, jelas paling murah di snmptn, tetapi UI hanya menerima +- 14% dari jalur itu….

      banyak2 belajar aja yaa…

  2. mau nanya nich,,,,,,,,, klo di kendari mau daftar stan gimana,,,,,,,,,???????????
    trus penyeleksiannya giman n peljran apa sj yang dipakai tes untuk masuk ke stan……….?????????????

  3. MAU TAU DONK. . .
    pelajaran yang keluar di seleksi masuk STAN pa aja?
    persyaratan apa ja yang mesti dilengkapiu buat daftar?

    thanks before

  4. Assalamuallaikum wr.wb. Sebelumnya saya ingin bertanya, Kenapa ya? pengumuman tentang pendaftaran STAN 2010 belum di umumkan…… Karena mulai dari sekarang sya ingin mempersiapkannya jauh lebih awal. Apakah STAN masih ikatan dinas atau tidak?? hanya itu saja yang ingin saya tanyakan. saya ucapkan trmak kasih.
    Wassalamuallaikum wr.wb

  5. SELAMAT SIANGG,
    mau nanya,, STAN penempatannya kalo uda lulus daerah mana saja ya??
    mata kuliahnya apa aja??

    terimakasi…

  6. kak bilang aku yah kalo pendaftaran stan dah buka….

    oh yah kak, kalo misalnya kita lolos stan di daerah kita, ntar sekolahnya kemana???

    apa di daerah kita atau ke jawa…

    tolong dijawab yah kak…

    nie e-mail ku
    naomichristy449@gmail.com

  7. setelah ujian USM-STAN kan ada test kesehatan,test kesehatannya mencakup pa2 ja,dan penentu kelulusan jg?

  8. kasi tau dong alamat lengkap stan trus rute perjalananya ?
    berapa banyak si biasanya srtiap tahu stan mnrima murid baru? tankssss

  9. Minta infonya lebih lengkap lagi prodi di STAN diploma satu (1) apa saja yang ada di Jakarta. trus kalo mau ikut try out dimana ?

  10. ujian mCug sTan susah kgaa C,,?
    .hembbp. .
    .
    ..peNend bgd kii iZaa kuL d stan. . .

    s0,,kCii teU trik jitu bEar izaa d trima d STAN eaag. . .

    tEngkh iiu saNgadd …

  11. bos,untuk pendaftaran+ujian stan khusus bea-cukai kan biasanya lebih awal drpd yg umum ya??kalo udh ada info kpn tgl pastinya tlg email ke fath_ch01@yahoo.com,Ok!ditunggu lho infonya!Thanks 4 all…

  12. info 2010 dunk..
    formulir ..
    gw anak batam..
    minim banget..

    syarat,formulir dll..plzz banget yy

  13. penerimaan mahasiswa baru STAN tiap daerah beda2 ya jumlahnya???

    trus peluang msuknya da perbedaan jg ga??

    mislnya,, daerah jakarta masuknya lbih susah dibanding yg lain?

  14. untuk pendaftaran STAN lebih lanjut gmn caranya?
    aku mau daftar STAN yang akutansi D-1 ada gax?

  15. untuk kabupaten bekasi pendaftaran dmn?
    trus gmn caranya?
    Saya dari SMAN 1 Cikarang Utara, Sy masih kelas 2, tapi saya ingin mempersipkannya dari jauh2 agar lebih matang.

  16. tolong jelasin dong, jurusan mana yang boleh untuk cewek dan yang hanya boleh untuk cowok?
    thx!

  17. kalo buat D1 wilayah medan mulai daftar kapan?
    tahun lalu kan bulan 4??
    klo tahun 2010 mulai kapan?
    balas ke e-mail ja ya..
    thx..

  18. salam sejahtera,,,
    mo tanya ni ka,, mank kalo test STAN B. inggris tu kita disuruh ngpain???
    speking ,, tau jawab soal tau gimana???
    mohon di jwab ya k,,
    coz ku gag ngertii….???
    terus kalo ada informasi tentang STAN kasih kabar yea ka…
    thanks,,,

  19. saya mau nanya kepada Bapak/Ibu Departemen STAN….kpn y dimulai pembukaan pendaftaran ujian stan…???????dan apakah rata-rata nilainya seperti thun kemarin yaitu 7,00?????????????

  20. BAPAK/IBU tlng kabari y scptnya kpda kmi peserta…………………………………..

  21. STAN mau tanya..ap stlh di terima d STAN nntinya di tmpatkan d luar kota? dan STAN itu terletak di mana??

  22. ass ..

    nama STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), tpi kenapa di USM STAN gak ada materi akuntansi ?
    kan sayang banget buat anak jurusa IPS, ah jelas jelas lebih menguasai Akuntansi dibanding anak program Ipa, kenapa yg di test sperti mtematika dasar ?bahasa inggris ?dan dcampur dgan soal psikotest jelas jelas yg sangat menguntungkan program jrusan Ipa yang jelas jelas menguasai ligika ..

    jawab yah, makasih

  23. ni yg bener usm STAN kapan di website STAN katanya bulan JUNI baru di buka pendaftaran tapi kenapa di sene bulan mei ?

  24. cara downloadnya gmn sih.
    kok minta verification code.
    tpi gag ada codenya.

    tlong bantuannya.

  25. kak pendaftaran di wilayah jabodetabek, liat internet juga????/
    kira-kira kapan ya kak,??????????????
    saya kurang jelas kalau udah da pembukaan pendaftaran stan tolong kasih tahu saya a kak.

    di e-mail saya: putri_arashi@yahoo.com

    tolong ya kak,,,,,, di beritahu info-nya

  26. assalamualaikum….
    kalo mau daftar STAN(buat pendaftaran,tes,) di Palembanng itu dimanaya ya…????
    tolong ya…..,
    bisa langsung ke email aku aja di s_ayues@yahoo.co.id,
    mohon infonya…
    trims…..

  27. Please donk….maw kisi-kisi soal atw prediksi USM STAN 2010 gitu….biar ada bayangan dikit…hehehehe!!! :)

  28. eh gw mau nanya ni

    gw tuh baru LULUS tahun ini dan gw pingin banget masuk STAN

    tp nilai-nilai gw tuh PAS-PAS’an gmana ya??
    kira kira bisa diterima gak

  29. kak,,sbnrnya prsyratan DO d stan itu bgaimana sh??
    dan apa bnr klo psychotest.nya itu ssah bgt??

  30. SISTEM PENDIDIKAN

    1. Berlaku sistem SKS Paket, di mana mata kuliah yang ditempuh tiap semesternya sudah ditentukan oleh lembaga.
    2. Berlaku sistem Drop Out (DO), yaitu:

    * Memperoleh nilai D pada Mata Kuliah Umum (MKU) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK), lebih dari 2 nilai D pada Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK), atau nilai E pada semua mata kuliah
    * IP semester ganjil di bawah 2,4 atau IPK tahun yang bersangkutan kurang dari 2,75
    * Tidak menghadiri kuliah lebih dari 20% jam efektif, atau 4 kali per mata kuliah dalam satu semester, kecuali ada keterangan sakit rawat inap dari dokter
    * Berbuat curang saat ujian (menyontek, bekerja sama, dll)

    3. Selain itu, terdapat peraturan dislipin perkuliahan diantaranya:

    * Setiap mahasiswa pria diwajibkan mengenakan kemeja lengan pendek/panjang motif polos, biru muda, abu-abu muda atau krem dan celana panjang warna gelap yang dilengkapi dengan ikat pinggang.
    * Setiap mahasiswa wanita diwajibkan mengenakan busana/blus lengan pendek/panjang motif polos, biru muda, abu-abu muda atau krem dan rok warna gelap.
    * Setiap mahasiswa dilarang memakai pakaian yang ketat; bahan jeans dan sejenisnya, berwarna mencolok/motif batik, kotak-kotak atau bergaris.

    Bagi mahasiswa yang tidak mengikuti ketentuan atau melakukan pelanggaran disiplin dijatuhi hukuman dislipin oleh pejabat yang berwenang menghukum.

    4. Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak disediakan asrama.

  31. asss…
    maaf saya mau menanyakan, kapan pendaftaran STAN 2010/2011 dibuka?
    apa aja persyaratanya?

  32. tmn2 aq mta doanya aja ya…..
    mksih!!!!!
    pembulatan tekat untuk menentukan inti dari semua tujuan. amin!!

  33. ya allah aku serahkan semua z kepada mu
    seandai z engkau meridhoi hambah mu ini,pasti kan q gunakan sebaik baik mungkin untuk memajukan ekonomi di negara ini.
    amien.

    • Ad bbrp hal yang mau ak tanyain :
      1. Kuota (daya tampung) ntuk masing2 jalur pnerimaan mhasiswa STAN ?
      2. Nilai apa saja yg mmpengaruhi penerimaan?
      3. Berapa biaya untuk dapat langsung diterima?

  34. ass..bpk/ibu.saya mau tanya ni.pembukaan stan 2011 maluku utara kira-kira kapan y.itu di liat dmn./

  35. assalamualaikum..
    kak mw nanya dong..
    wat usm 2011 kpn sich?
    u/ thn ni kan da snmptn jlur undangan kak, klo stan ko g trdaftar knp sich kak? pa mang mandiri ja?
    thanks ka…

  36. Asalamualaikum
    Wah, saya juga niat untuk kuliah di STAN…
    Mohon info, pelaksanaan USM-nya kpn?
    Lalu syarat” yang harus dilengkapi apa saja?
    Trims

  37. saya masih kelas 2,dan bentar lg mw msuk kelas 3 SMA..
    Saya ingin tw smua tntang STAN selengkap-lengkapnya.
    dari cara pendaftaran nya,mau pun cara ujian nya..biar nanti stelah lulus,saya benar2 paham dan bisa mengikuti USM STAN dengan ada nya persiapan…
    tlong ya kak??
    makasih sblumnya…

  38. disini bilangnya 100.000…
    tapi kok yang di blog stan 150.000???
    yang betul yang mana??

  39. stan ” selain jalur USM untuk masuk stan, jalur apa lagi yg bisa masuk ke stan,, ada jalur lain nya ngk,,,,, maksih,,,,,,

  40. .STAN,q mau tanya ni,,kira” nilai yq d rapot mmpengaruhi nda?terus study apa yang di tes’kn??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s