Jalur Universitas Diponegoro


Jalur ekstensi ditiadakan
Undip terima 7.090 mahasiswa

KALISARI – Meskipun jalur ekstensi ditiadakan, penerimaan mahasiswa baru Undip hampir sama dengan tahun 2007 lalu. Tahun ajaran baru 2008 ini, Undip menerima 7.090 mahasiswa, melalui jalur seleksi Program Seleksi Siswa Berprestasi (PSSB), Ujian Mandiri (UM) I dan II, serta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB).

Total penerimaan mahasiswa, secara rinci terdiri dari PSSB (877 orang), SPMB (1.559 orang), UM I (1.754 orang), dan UM II (2.900 orang). Penerimaan mahasiswa melalui UM, tahun ini jumlahnya lebih banyak untuk menggantikan jalur ekstensi yang ditutup karena kendala aturan pemerintah.

Pemerintah hanya mengizinkan ekstensi mengambil mata kuliah sebanyak 9 Satuan Kredit Semester (SKS) per semester. ’’Tidak ada ekstensi, tapi karena daya tampungnya ada, kami isi dari UM. Seperti kelas paralel,’’ terang Pembantu Rektor IV Undip, Dr Muh Nur DEA di Dekanat FK Undip, Kalisari, kemarin.

Dia menjelaskan, dengan tidak adanya ekstensi, mahasiswa Undip akan memiliki nomor induk yang sama, sesuai dengan program studi masing-masing. Status mahasiswa yang keluar nantinya pun akan sama. ’’Pada UM II, kami akan menerima mahasiswa dari SMA maupun Diploma III yang melanjutkan studi,’’ terang dia.

Ketua Pelaksana UM Undip, Drs Yusmilarso SU, Senin (18/2) kemarin menyampaikan, sejak Januari lalu, pendaftaran mahasiswa baru Undip sudah dimulai. ’’Untuk PSSB, kami sudah kirimkan pemberitahuan 2020 SMA se-Indonesia. Pendaftarannya paling lambat tanggal 4 April mendatang,’’ katanya.

Sedangkan terkait UM, Undip menyelenggarakannya dalam dua gelombang, yakni sebelum dan sesudah SPMB. Pendaftaran gelombang I, dibuka tanggal 1-29 Februari dengan verifikasi pada 24-28 Maret mendatang.

Pendaftaran bisa dilakukan lewat online di um.undip.ac.id. Sedangkan lokal tempat verifikasi dan ujian diselenggarakan di Semarang (pusat), Jakarta, Lampung, dan Samarinda.

Pelaksanaan ujian UM I ini, dilaksanakan Minggu, 4 Mei 2008 dengan lokasi yang telah ditentukan saat verifikasi. ’’Untuk hasil seleksi UM I diumumkan 24 Mei 2008 di website http://um.undip.ac.id, sekretariat pusat UM Undip, sekretariat lokal UM Undip, dan Koran Manunggal Undip,’’ terangnya.

Undip sendiri, tahun ini tidak akan menaikkan SPP dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI)-nya. ’’SPP Rp 875 ribu dan SPI Rp 2.250.000, tetap seperti tahun lalu,’’ kata Yusmilarso. Namun, untuk Sumbangan Pengembangan Manajemen Pendidikan (SPMP) dan Praktikum Responsi dan Kegiatan Penunjang (PRKP), jumlahnya bervariasi di tiap-tiap program. end-die
sumber : wawasan digital.com

About these ads

5 thoughts on “Jalur Universitas Diponegoro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s